Kucingku malang, Kucingku Sayang


Boni

Beberapa kucing kampung yang saya punya di rumah, ada yang terfavorit, terlucu, terbaik, terjutek, pokonya macem-macem deh kaya piala award gitu. Walaupun ada yang ter.. tapi semua kucing kampung yang ada di rumah, saya perlakukan sama koq, ngga ada bedanya. Cuma kalo sifat dan karakter mah udah dari bawaannya masing-masing. 

Gimana saya memperlakukannya aja. Ada yang bandel sampe naik-naik meja, saya ngga perbolehkan masuk rumah, ada yang udah dikasih makan eh masih nyolong juga, saya ngga perbolehkan masuk juga. Tapi ada juga yang sopan, kalo mau makan dia nunggu sampe saya beres nyiapin makanannya. Tapi koq ngga ada yang abis makan mau cuci piring ya? (ngarep.com)

Ini salah satu kucing kampung saya, namanya Boni. Dia biasa aja hidupnya dengan kucing-kucing kampung saya lainnya. Cuma dia termasuk salah satu kucing yang pernah saya tolak untuk masuk ke kehidupan saya eh maksudnya ke rumah saya.

Bukan apa-apa, induknya udah nitipin anaknya banyak banget. Tiap hamil begitu anak-anaknya udah bisa jalan, digiring ke rumah saya. Nah begitu juga Boni ini. Dia udah generasi ke berapa ya, yang masuk ke rumah saya. Lagian tu induknya ga sopan banget, doyan kawin begitu anaknya udah gedean dikit di simpen di rumah saya, eh dianya mah kabur lagi. 

Jadi saya yang kebagian ngurus. Mending kalo induknya ngedrop ngasih susu kaleng kek atau makanan kering. Ga pa pa lah kasian, kalo bukan saya siapa lagi yang ngurus. Untung saya suka kucing, coba kalo saya  suka mancing keributan, pada kabur kali ya kucing-kucing. 

S
Sebenernya bukan saya tolak sih cuma karena kucing kampung di rumah udah banyak jadi saya mikirnya takut ngga sanggup buat ngurus semuanya. Tapi lama-lama induknya bawa Boni terus ke rumah liatin kucing-kucing lainnya makan. 

Ya udah deh lama-lama ga tega liatnya, mana makin kesini induknya udah jarang jemput dia. saya kasih makan pelan-pelan saya samperin. Tapi dia kayanya ngerasa deh, saya sebelumnya ngga welcome ama dia. 

Jadi kalo tiap saya samperin dia, dia masih agak ragu ama saya. Jadinya dia mendesis terus tiap saya samperin. Akhirnya lama-lama induknya juga udah jarang nengok Boni, hampir ga pernah malah. 


Sebenernya ada beberapa alasan kenapa induk kucing meninggalkan anaknya, diantaranya:

Anak kucing memiliki masalah genetik

Ketika induk kucing merasa anaknya mengalami kelainan genetik atau masalah kesehatan yang cukup parah, maka si induk tidak mau menyusui anaknya dan membiarkan kelaparan. Kadang-kadang anaknya ditinggal begitu aja.

Induk kucing kelaparan

Habis melahirkan terus menyusui, induk kucing akan membutuhkan porsi makan yang ekstra. Karena untuk menghasilkan susu, si induk akan membutuhkan makanan dengan nutrisi yang cukup. 

Jadi ngga heran kalo induk kucing pergi meninggalkan anaknya, kemungkinan dia juga sedang kelaparan dan mencari makan. 

Nah disaat induk meninggalkan anaknya dalam waktu yang cukup lama, dia akan lupa mencari anaknya dimana. Kalo kita ketitipan anak kucing yang induknya entah dimana berada, kita harus memberinya makan agar gizi dan pertumbuhan anak kucing tercukupi.

Induk kucing sakit

Masitis merupakan salah satu contoh penyakit yang dapat menghentikan produksi susu si induk kucing sehingga si induk ngga bisa menyusui anak-anaknya. 

Kucing yang terindikasi masitis akan sering menjilati area payudaranya yang membengkak.



Induk kucing terlalu muda

Usia ideal untuk mengawinkan kucing adalah ketika usianya udah mencapai 10 bulan-1tahun dan sudah menandakan masa birahi. 

Yang berat kucing yang dikawinkan terlalu muda  biasanya rawan mengalami  keguguran dan belum memiliki naluri keibuan untuk menyusui anaknya.

Kalo bisa sih jangan sampe ada pernikahan dini, cuma yang namanya kucing gimana mau dikasih taunya ya. Ribet kali harus ngurus-ngurus suratnya.



Mungkin  salah satu alasan Boni ditinggal induknya ada diatas tersebut. Atau mungkin induk Boni udah percaya kali sama saya untuk menitipkan anaknya. Kalo bulan-bulan selanjutnya mungkin akan saya pasang tarif ke induknya Boni. Karakter Boni ini lucu. Mungkin karena udah percaya ama saya, tiap saya datang dia suka lari duluan udah gitu minta dielus terus. 

Well karakter kucing kampung memang macem-macem, ngga semua sama. Cuma kasus Boni ini yang awalnya saya tolak eh malah sekarang jadi sayang ama dia. Boni..Boni..liat fluffy nya kamu, walaupun kamu bukan keju tapi bikin saya meleleh.
Boni

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kucingku malang, Kucingku Sayang"

Post a Comment