Masalah Umum Pada Kesehatan Kucing




Kalau kita memelihara kucing, kita tahu bahwa masalah kesehatan adalah hal yang biasa. Apapun jenis kucingnya, kita sih mengharapkan kucing kita sehat terus. Walaupun ada masalah kesehatan yang udah turun menurun, sementara ada sebagian yang bisa dicegah. Berikut ini masalah kesehatan yang biasanya ada pada kucing, diantaranya :

Cacing


Apapun jenis kucing yang kita punya, kadang ada juga yang kena cacingan, dan ini sangat umum terjadi. Salah satunya lingkungan sekitar kucing atau makanan yang kuranng bersih. Biasanya paling sering kena sih kucing kampung, karena mereka tinggal di lingkungan luar, makan apa aja. Cacing juga banyak macamnya, yaitu cacing pita, cacing gelang dan  cacing tambang (bukan tarik tambang ya, itu mah cuma buat lomba Agustusan). Paling banyak kucing terkena cacing tambang. Kalo kucing udah kena cacingan biasanya berat badannya turun, banyak kutu dan paling gampang diliat kalo kucing kita poop trus ada seperti beras putih nah itu pasti udah kena cacingan. Sebenernya bisa diobati dengan obat cacing tapi kalo terus-terusan  lebih baik dibawa ke dokter  untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut.

Hairball

Hairball adalah masalah kesehatan kucing yang paling umum. Semua kucing biasanya kalo lagi mandi suka menelan bulunya sendiri. Kadang bulu yang sedikit- sedikit tapi jadi menumpuk berbentuk bola, biasanya suka ketelan dan berharap keluar bersama feses. Tapi malah kadang jadinya hairball keluar bersamaan dengan muntah dan batuk. Selama hairball keluar bersamaan dengan muntah sih aman-aman aja ngga masalah. Tapi walaupun jarang terjadi, ada juga hairball bisa melewati usus kucing dan mengakibatkan penyumbatan. Kalo ini terjadi sih bahaya, harus cepet ditangani ama dokter. Nah kalo kucing kita mengalami sembelit, ngga mau makan, bulu-bulunya kaku dan rontok, itu tanda-tanda penyumbatan. Cepet-cepet deh bawa ke dokter jangan sampe telat. Untuk mencegah kucing kita dari hairball dan penyumbatan, sikat atau sisir bulu kucing seminggu 2-3 kali. Kamar mandi aja disikat, masa kucing ngga. Pake sikat khusus kucing ya, bukan sikat wc. Terus kasih makanan khusus kucing yang untuk mengendalikan hairball. Bukan hairfall anti ketombe loh ya. Tar kucingnya jadi duta sampo lain.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan masalah kesehatan umum pada kucing. Infeksi saluran kencing lebih terjadi pada kucing jantan yang belum pernah dikebiri, meskipun yang betina juga bisa mengalaminya. Gejalanya kalo kucing jarang kencing atau sekalinya kencing airnya berwarna pekat dan bau. Sebaiknya cepat dibawa ke dokter biar langsung ditangani. Dokter biasanya memberi obat dan biasanya kalo agak parah akan dilakukan tindakan penyuntikan atau infus.





Leukemia

Dulu leukeumia kucing merupakan penyebab kematian terbesar pada kucing. Namun sekarang udah ada vaksin. Untuk mengobati atau mencegah terjadinya penyakit ini, perlu diberi suntikan sebelum kucing terkapar lebih dulu. Kucing yang kena leukeumia biasanya ngga berumur panjang. Jika kita tahu kalo kucing kita terkena leukeumia, sebaiknya jangan berdekatan dengan kucing lainnya, karena virus ini sangat menular. Untuk mencegah kucing kita dari penyakit leukeumia, sebaiknya diperiksa rutin oleh dokter. Harus rutin memberikan vaksin, pemberian makanan sehat. Meskipun beberapa masalah kesehatan tidak dapat dihindari, sebagian besar ngga ada masalah. Kita juga bisa menjaga kucing kita dari penyakit leukeumia lebih jauh dengan memperhatikan kesehatan dan lingkungannya. Apalagi kucing kampung yang membutuhkan ekstra perhatian. Selama kita rutin membawa ke dokter untuk cek rutin dan memberikan makanan yang sehat, kucing kita akan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. So, rawatlah kucing kita dengan telaten ya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masalah Umum Pada Kesehatan Kucing"

Post a Comment