Apakah Kucing Kampung Termasuk Kucing Yang Populer Di Indonesia?



Jenis kucing di Indonesia maupun di dunia sangat banyak. Tapi ada beberapa jenis kucing yang populer di Indonesia. Banyak pecinta kucing yang ingin memelihara kucing dengan bulu lebat, lucu dan indah. Tapi ada juga yang memelihara kucing kampung. Nah berikut ini jenis-jenis kucing yang populer di Indonesia, diantaranya:


  • Kucing Anggora

Kucing Anggora merupakan jenis kucing yang banyak diminati di Indonesia. Anggora adalah kucing yang aktif, berisik, senang bermain, enerjik dan penurut. 

Anggora adalah kucing yang senang masuk dalam kegiatan orang-orang dan merupakan kucing yang setia serta senang berinteraksi dengan manusia. 

Anggora adalah kucing yang cerdas dengan rasa ingin tahunya yang tinggi. Kucing ini mudah dilatih, mudah beradaptasi dan ramah dengan manusia serta hewan peliharan lainnya. Anggora akan sedih jika dikurung atau ditinggal sendirian di dalam rumah. Kucing ini akan marah jiga dipegang terlalu lama dalam satu waktu. Anggora lebih duduk di lantai sekitar pemiliknya. 

Anggora akan selalu mengawasi keadaan sekitarnya. Biasanya Anggora suka ama tempat yang tinggi di seputar rumah seperti lemari, meja.
Anggora yang standar memiliki warna polos seperti putih. Badan Anggora jantan harus lebih besar dari betina. Tubuhnya harus panjang dan bagian belakang sedikit lebih tinggi daripada bagian depan. 

Struktur tulang harus baik. Bulunya harus halus dan berukuran sedang dengan cenderung meringkuk. Bulunya harus panjang dan lebar pada bagian leher. Kepalanya lebar di bagian atas dengan dagu lancip. 

Telinganya lebar di bagian dasar, lancip di bagian atas dan tegak. Matanya sedikit miring ke atas dan berbentuk almond. Warna mata kuning atau biru. Ekornya harus panjang.

Anggora adalah kucing yang menyukai kebersihan, jadi harus rutin dimandiin. Kandang harus bersih. Bulunya harus disikat. Anggora adalah ras kucing alami. Mereka kucing yang kuat dan ga memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun ada juga yang menyerang Anggora, diantaranya tuli, dislokasi tempurung lutut. Seperti pada umumnya, harapan hidupnya bisa mencapai 15 tahun atau lebih 


  • Kucing Persia

Kucing Persia biasanya memiliki bentuk tubuh gemuk, besar, tambun. Dan yang menjadi khasnya kucing Persia yaitu bentuk hidungnya yang pesek, wajah bulat dan memiliki bulu panjang. Jenis kucing Persia juga bermacam-macam, diantaranya :

Persia hidung datar

Jenis kucing ini yaitu hidung pesek, memiliki badan yang gemuk dan wajah bulat serta pipinya tembem. Kucing ini memiliki wajah yang lucu, unik dan gemesin.



Persia medium

Jenis kucing Persia medium ini memiliki ukuran tubuh standar seperti kucing lainnya. Bulu yang dimiliki kucing ini tidak terlalu panjang dan hidungnya tidak terlalu pesek seperti jenis kucing Persia lainnya. 



                                                    

Persia hidung pesek

Merupakan jenis kucing Persia dengan hidung yang sangat pesek. Badannya jauh lebih gemuk dibanding jenis Persia lainnya. Kucing jenis ini merupakan jenis yang paling sering diikutkan kontes kucing.



Persia Himalaya

Merupakan salah satu ras kucing persia dengan kucing siam. Himalaya merupakan kucing yang mempunyai tubuh yang gemuk, kaki yang pendek dan tubuh serta wajah yang bulat. Yang membedakan dari kucing Himalaya dengan kucing Persia pada umumnya adalah warna yang dimiliki kucing ini. Warna Himalaya lebih cenderung mengikuti kucing siam. Himalaya seperti ini terlihat anggun dengan bentuk tubuhnya. Kucing ini juga bisa melompat dengan ketinggian 2 meter


  • Kucing Maine Coon
Maine Coon ialah kucing berbadan besar dan tinggi dengan berat jantan sekitar 6-9 kg dan betina sekitar 4-6 kg. Tubuhnya bisa mencapai kira-kira 1 meter. 

Maine Coon merupakan kucing yang kuat dan berotot. Kucing ini memiliki pertumbuhan dewasa yang lama kira-kira 3-5 tahun. Maine Coon memiliki kepala sedang dan lebar, dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Matanya besar dan berbentuk oval. 

Hidung lebar dan di ujungnya sedikit melengkung dan dagunya terlihat tajam. Telinganya besar dengan bagian bawahnya lebar dan di bagian ujungnya lancip. Lehernya kuat dengan panjang yang sedang. Kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuar dan ekor yang panjang. 

Maine Coon mempunyai bulu yang lebat, halus, lembut serta tahan terhadap air. Bulunya memiliki panjang sekitar 7cm. Bulu yang ada di leher tampak seperti singa. Pada bagian kepala, kaki dam bahu memiliki bulu yang pendek dan pada bagian paha dan punggung memiliki bulu yang sedikit lebih panjang. 

Maine Coon ada 3 pola dengan berbagai warna, yaitu klasik/makarel dengan warna coklat, biru, merah, krem atau perak, solid dengan warna putih, hitam, biru atau merah dan tempurung kura-kura dengan warna hitam abu-abu. Maine Coon ini kucing yang aktif dan cukup independent. Kucing ini senang berada di sekitar kehidupan manusia.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Maine_coon


  • Kucing Russian Blue

Kucing Biru Rusia ini memiliki mata berwarna hijau cerah, dua lapisan bulu tebal yang pendek dan warna abu-abu kebiruan. Bulunya lembut banget kalo dipegang. 

Sifatnya cerdas dan tenang. Kucing ini terkenal dengan keramahannya, tapi pemalu sama orang asing. Kucing ini bisa diajak bermain dan sensitif terhadap emosi manusia. 

Kucing ini lebih senang bermain dengan mainan dan juga setia. Bisa beradaptasi dengan baik, mudah bermain dengan hewan peliharaan lain dan anak-anak di dalam rumah. Kucing ini hanya mengeong sesekali. Banyak kucing Biru Rusia ini dilatih untuk melakukan trik.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_biru_rusia



  • Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Hair ini badannya pendek, bahunya besar dan ototnya juga. Berat badannya bisa mencapai 3-6 kg. Bulunya pendek tapi lebih panjang sedikit dari kucing berbulu pendek lainnya. 

Halus, lembut, padat dan berdiri. Kepalanya bulat, besar, dahi lebar, pipi berisi, dan rahang kuat. Matanya bulat besar dengan warna mata kuning, biru, tembaga dan keemasan. 

Telinganya pendek, kecil dan berjauhan dengan telinga sebelahnya. Lehernya pendek dan tebal. Kakinya pendek, lurus dan besar. Sedangkan ekornya pendek tebal, melengkung ke bawah dan ujungnya bulat.

Kucing jenis ini adalah kucing yang tenang, anggun, lincah dan aktif. Kucing eksotis juga adalah kucing yang selalu ingin tau, senang bermain dan pendiam. Selain itu kucing ini juga kucing yang sosial, ngga suka menyendiri, suka berada di dekat pemiliknya dan juga mandiri.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_eksotis



  • Kucing Persia Himalaya

Kucing Himalaya ini adalah kucing yang bertubuh gemuk, besar dan bulat engan kaki yang perndek seperti persia lainnya. 

Hal ini yang membuat mereka susah melompat. Namun ada juga beberapa ras kucing ini yang meiliki tubuh seperti kucing siam, tubuh yang langsing, ramping dan anggun. 

Kucing himalaya memiliki bulu titik warna yang panjang pada telinga, wajah, kaki dan ekornya. Bulunya gabungan pola tabi, links atau torti dengan warna anjing laut, biru, ungu, merah, krem atau coklat. Kucing Himalaya ini merupakan jenis kucing yang aktif, senang main dan ngga suka bermalas-malasan seperti kucing siam. 

Kucing ini termasuk cerdas, tenang, lembut, komunikatif dan manis seperti kucing Persia lainnya. Kucing Himalaya ini senang dibelai, setia dan sangat bersahabat. Umumnya kucing Himalaya merupakan ras kucing yang cukup bagus dari segi kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit. Tapi kucing Himalaya memiliki penyakit turunan yang berasal dari kucing Persia yaitu PKD (Penyakit Ginjal Polikistik) atau kista pada ginjal.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_persia 


  • Kucing Kampung
Nah yang terkahir kucing Kampung. Kucing ini banyak banget di jumpai di Indonesia. Jenis kampung ini ngga punya silsilah yang jelas. Ciri kucing Kampung, hidup di alam bebas. Dari segi fisik ngga begitu istimewa entah dari bulu atau warnanya. 

Kucing Kampung hanya dibedakan oleh kelamin aja. Bedanya biasanya tubuh kucing jantan lebih besar dari kucing betina. Kelebihan dari kucing Kampung yaitu tahan banting, karena udah terbiasa hidup di alam bebas. 

Kucing kampung tidak manja, sebab mereka udah terbiasa hidup mandiri dengan kehidupan keras.

Kucing Kampung dibedakan dari segi warna yaitu :

  • Kucing Hitam Putih

Kucing Kampung dengan warna hitam putih ini tipikal pemalas tapi masih bisa diatur. Kucing hitam putih ini lebih gemar berburu dan bertengkar dengan sesamanya.

  • Kucing Merah Bata

Kucing dengan warna ini paling sering dijumpai di Indonesia. Kucing ini merupakan jenis kucing yang penurut dan manja. Kucing ini lebih suka dimanja, disayang, dielus bagian perutnya. Namun jenis kucing dengan warna ini tidak pandai berburu, jadi jangan heran kucing ini lebih suka bermalas-malasan di rumah daripada berkeliaran mencari mangsa seperti tikus.

  • Kucing Putih

Kucing dengan warna putih sangat disukai para pecinta kucing. Tapi kalo mau memelihara kucing warna putih, harus sering dijaga kebersihannya. Soalnya bakalan kelihatan kusam kalo jarang dimandiin. Ingat! jangan pakai pemutih ya dimandiinnya..

  •  Kucing Belang Tiga

Kucing ini susah banget ditemui apalagi yang jantan. Konon katanya kalo sang induk melahirkan anak kucing belang 3 jenis kelamin jantan, itu bakalan dibunuh karena jika besar nanti akan menjadi raja kucing yang merajai daerah sekitar. Atau bisa disebut produk gagal. Tapi apapun itu induknya melakukan itu bukan tanpa alasan. Ga ada induk yang ngga sayang ama anaknya. Kalaupun ada sungguh  terlalu kata Bang Haji juga.

Itulah beberapa macam kucing populer di Indonesia. Apapun jenis kucingnya, kalo mau memelihara harus sayangnya full ngga boleh setengah-setengah.  Kalo punya budget berlebih bisa beli yang ada silsiah atau mahal. Kalo budgetnya pas-pasan, kucing kampung juga ga masalah koq. 

Kalo dikasih makan khusus kucing juga bulunya bakalan bagus. Cuma kalo dari segi bentuk wajah, bentuk hidung itu mah udah takdir dari sananya. Ga bisa pesek ataupun mancung kecuali oprasi plastik. Jangan dikasih full ikan tongkol juga..nanti lama-lama jadi kucing setengah salmon. Dan ada satu kucing yang ga boleh dipelihara, Kucing Garong!

Selamat hunting kucing-kucing ya...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Kucing Kampung Termasuk Kucing Yang Populer Di Indonesia?"

Post a Comment