Nasib Kucing Kampungku, Poci





Kenalin nih Poci, kucing kampung saya. Dia jantan. Perjalanan hidup dia sih sama aja ama kucing-kucing kampung saya lainnya. Cuma dari sekian kucing kampung di rumah saya. Cuma dia yang suka kena penyakit jamur. Kata dokter sih dia sensitif kulitnya. Dia punya adik namanya Moci, betina. Mereka seperti layaknya kucing-kucing kampung lainnya, kejar-kejaran, umpet-umpetan. Mereka tinggal di halaman belakang rumah saya. 

Kucing-kucing kampung saya memang punya kavling masing-masing. Ada yang tinggal di teras depan rumah, garasi  dan halaman belakang. Saya sih memfasilitasi mereka dengan property yang ada di rumah pokoknya saya tata sedemikian rupa agar kucing-kucing saya betah dan ngga kedinginan kalo malam. Kalo mainan kucing tinggal bikin aja gampang koq, bisa dari tali rapia pake kayu kecil diiket atau bola tennis buat mainan dia. Pokonya low budget deh.

Ini induknya Poci namanya peri. Peri udah ngga ada selamanya. Waktu itu dia kan biasa datang pulang cuma transit untuk makan, udah itu main lagi. Terus suka pergi beberapa hari tapi pulang lagi. Tiba-tiba pada suatu hari pas saya mau keluar rumah, dia udah ada di bawah pintu dan kayanya ngga bisa jalan.saya liat koq dia ngga mau berdiri, ini pasti ada apa-apa. Soalnya tangan depan bergerak tapi kaki belakang pada ngga bergerak. Waduh ini pasti ketabrak :"(  duh paling ngga tega liat kucing sakit aja sedih apalagi ini badannya ngga bergerak setengah. Pengen banget marah ama orang yang nabrak Peri. Bener-bener sedih liat kondisi dia waktu itu. Langsung saya bawa ke dokter. Dokter sih ngga bilang apa-apa dia cuma nyuruh rawat jalan aja. Saya sampe nunggu di mobil ga tega banget gendong atau liat Peri. Begitu sampe rumah, Poci saya tidurin di kandang. Bener deh ngga lama dia pergi untuk selama-lamanya. 

Saya memang ngurus kucing dari makanan, bersihin kotoran, ngerawat kalo ada yang sakit. Tapi kalo udah ada yang mati, saya paling ngga berani liat, megang atau nguburin. Ada perasaan sedih dan bersalah. Dan itu akan berlangsung beberapa hari bahkan bulan kali ya. 

Perlu waktu lama untuk bisa kembali ke perasaan seperti semula. Lebay..? mm mungkin kali ya, bagi orang-orang yang ngga punya rasa sayang ama peliharaan, ngerawat, ngebesarin itu gimana rasanya. Well may you rest in piece ya Peri. I did my best to take care of you. Best cat i've ever had. Thanks for the times that you given me. The memories are all in my mind.

Poci dan Moci

Anyway...kembali ke Poci. Nah adiknya Poci namanya Moci juga sampe sekarang ngga pulang-pulang ke rumah. Saya berharap sih kucing-kucing kampung yang mampir ke rumah saya, saya rawat, kasih makan, mereka ngga pulang lagi ke rumah pun ngga apa-apa, yang penting mereka sehat, jangan sampe kejadian Peri. Malah kadang hal seperti itu yang bikin saya sedih kadang ngga bisa move on malah. 

Karena buat saya kucing kampung datang entah darimana dan mampir bahkan tinggal di rumah saya, sebisa mungkin sih akan saya rawat mereka. Walaupun kadang ada rasa sedih setelah dirawat dipelihara mereka tiba-tiba ilang. Tapi mau gimana lagi, outside is the place where they belong. 

Back to nature. Makanya saya agak takut untuk pelihara kucing-kucing yang rasnya lebih bagus dari kucing kampung. Memeliharanya harus ekstra double sabar, harus tinggal di dalam rumah, harus rutin perawatannya, Kalo sakit dan ngga bisa disembuhin, bisa ekstra double juga sedihnya. 

street fighter

Akhirnya Poci tinggal sendiri di halaman belakang, yang lain ada sih cuma beda kavling. Ngga bakalan akur kalo disatuin juga. Poci tuh termasuk kucing yang ngga suka keluyuran, kalem dan dia juga bukan termasuk kucing street figther. Nah dia suka diserang ama kucing kampung yang ada di foto atas. 

Duh walaupun saya pecinta kucing tapi saya koq ga suka ya kalo ada kucing kampung lain gangguin kucing-kucing saya. Soalnya kalo dia datang, he looks like bossy padahal dia tu tamu. Kalo waktunya makan nih.. kan mereka pada makan diluar, kalo saya tinggal bentar aja, street fighter datang dengan tenangnya ngerebut makanan kucing-kucing kampung saya. 

Kucing saya yang banyak jumlahnya bisa takut kalo dia datang. Banyak ngalahnya. Jelas marah donk saya, belum tau dia kalo saya emak-emak jaman now tanpa micin.  Udah saya siapin sapu deh kaya Tom n Jerry gitu lah kira-kira. Jadi kalo waktunya makan saya harus nungguin mereka. Cuma satu aja sih yang gangguin keutuhan rumah kucing saya.


Bolang
Nah di dalam rumah ada kucing kampung lagi namanya Bolang, betina. Dia nih kayanya dewasa sebelum waktunya. Masih kecil tapi udah punya anak 3. Tadinya 4 cuma yang 1 ngga selamat. Ketiga kucing namanya Mili, Milo,Moli. Alhamdulillah mereka sehat meskipun kadang-kadang ada yang sakit juga. 

Dan yang paling umum penyakitnya mampir yaitu cacingan. So far sih ngga parah masih bisa disembuhkan. Bolang ini nyusuin anaknya ngga sampai sebulan. Akhirnya saya kasih susu tambahan untuk usia 0-6 bulan. Begitu agak besar anak-anaknya, saya pindahin ke halaman belakang. 


Mili,Milo,Moli

Poci seneng banget liat anak-anak kucing. Dia cuma ngendus-ngendus udah gitu biasa aja lagi. Beda kalo saya pindahin ke garasi. Kucing-kucing saya yang tinggal di garasi rada kurang welcome sama penghuni baru. 

Pernah sekali kucing-kucing yang ada di garasi ngeliat anak-anak Bolang, udah deh kaya anak-anak jaman now yang kesenggol tangannya dikit aja manggil temen-temennya terus tawuran.

Bolang ini makin anaknya gede makin dia cuek dan ga mau nyusuin apalagi ngelus-ngelus. Kasian deh liat nasib anak-anaknya. Bisa jadi karena Bolang masih muda udah punya anak, belum mempunyai  naluri keibuan untuk menyusui anaknya.

Makin kesini Mili,Milo,Moli makin akrab ama Poci. Mungkin karena nasib mereka yang sama-sama kesepian, perlu kasih sayang dan ngga ada temen. Poci udah nganggap mereka anaknya, sampe mereka mengira Poci itu induknya mereka. Padahal kan Poci jantan tapi mereka tetep cari susu di perut Poci. Dan Poci pun pasrah. Poci tuh sabar banget. Kalo waktunya dikasih makanan, mereka bertiga kan suka pada rebutan. Ada yang ngambil makanan Poci, dan Poci pun dengan sabarnya mengalah, nungguin mereka selesai makan. Baru deh giliran dia.Melihat Poci dan anak-anak Bolang bikin saya berpikir, apa karena faktor keadaan yang sama yang mereka alami sehingga mereka tampak seperti induk dan anak-anaknya. Apa kucing juga mempunyai naluri kasih sayang tanpa melihat asal usul darimana mereka datangnya. Banyak hikmah sih yang bisa kita ambil dari perilaku hewan-hewan peliharaan kita. Cinta dan kasih sayang tak mengenal batas. Bravo Poci...semangat ya, semua akan indah pada waktunya.










Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Nasib Kucing Kampungku, Poci"

  1. web site sangat rapih, keep it up, sukses selalu gan
    kunjungi web kami
    Tumor Ganas

    ReplyDelete