Beberapa Manfaat Memelihara Kucing Menurut Islam



Kucing adalah hewan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, karena keberadaannya sering muncul hampir ditemui dimana-mana. Khususnya kucing kampung.Tingkah laku yang lucu dan menggemaskan membuat orang ngga ragu untuk merawatnya di rumah. Di samping itu banyak juga yang bertanya tentang manfaat memelihara kucing menurut Islam. Karena mungkin beberapa dari mereka khawatir memelihara kucing tidak ada manfaatnya dalam Islam. 

Perlu kita ketahui bahwa memiliki hewan peliharaan seperti kucing merupakan keistimewaan tersendiri bagi kehidupan manusia. Karena dikatakan dalam hadis nabi jika kucing adalah salah satu binatang kesayangan sahabat nabi yang mulia, yaitu Abu Hurairah.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, saat itu aku telah ditanya oleh seorang sahabatnya, "Mengapa engkau disebut Abu Hurairah?" Abu Hurairah menjawab, "Aku dahulu bekerja menggembalakan kambing keluargaku dan di sisiku ada seekor kucing kecil (dalam bahasa Arab disebut "Hurairah"). Lalu ketika malam tiba aku menaruhnya pada sebatang pohon, jika hari telah siang aku pergi ke pohon itu dan aku bermain-main dengannya (kucing kecil), maka aku diberi nama kuniyah Abu Hurairah (artinya, bapaknya si kucing kecil). " (Jaami' At-Tirmidzi no 3805). 

Adapun pendapat orang mengenai kucing peliharaan nabi, sampai sekarang belum ditemukan hadist shahih tentang hal itu. Namun yang jelas kucing memiliki keistimewaan sendiri dalam Islam.
Berikut ini beberapa manfaat memelihara kucing dalam agama Islam dan hukumnya, agar para pecinta kucing lebih semangat lagi untuk merawat dan memelihara kucing.

1. Kucing Hewan yang Suci

Keuntungan memelihara kucing adalah status kesuciannya. Ini yang menyebabkan kucing boleh dipelihara sementara anjing tidak boleh dipelihara. 

Menurut medis membuktikan jika air liur anjing terdapat bakteri penyakit berbahaya, sedangkan pada kucing justru terdapat manfaat bagi tubuh manusia. 

Dalam hadist sendiri, sangat jelas dikatakan kalau kucing suci namun haram untuk dimakan. Diriwayatkan oleh Abu Qotadah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
"Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita." (HR.At Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil no. 173 berkat kalau hadits ini shohih/benar)

Jadi kita tidak perlu khawatir bila suatu saat terkena air liur atau bulunya. Karena statusnya suci. Bahkan apabila ada air yang habis dipakai minum kucing, air tersebut masih suci dan boleh untuk wudhu. Adapun kotorannya, jelas haram.

2. Tidak Melarang Memelihara Kucing



Yang paling utama, nabi sekalipun tidak pernah melarang umatnya untuk memelihara kucing. Jadi hukum memelihara kucing sangat diperbolehkan dalam Islam. Hal ini berbeda dengan anjing. Meskipun ada sebagian jenis anjning yang berwajah lucu dan menggemaskan, tapi tetap saja nabi melarang keras umatnya memelihara hewan itu. Maka sebagai umat muslim, harus patuh dan taat dengan apa yang disampaikan nabi.

3. Kucing Mengusir Tikus Dari Rumah


Apabila di rumah mempunyai kucing, biasanya tikus tidak betah berada di rumah tersebut. Namun kita harus mengawasi agar kucing tidak makan tikus. Walaupun itu hanya kucing kampung. Kucing juga mampu mengusir hama menyebalkan yang bernama tikus. 

4. Kucing Merupakan Hewan yang Bersih



Menurut hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang dilakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa hewan kucing lebih bersih dibandingkan hewan lain. Dr. George Maqsud pimpinan laboratorium di rumah sakit hewan Batarah mengatakan bahwa pada lidah kucing yang kasar, hampir tidak terdapat kuman maupun bakteri. 

Dengan lidah tersebutlah si kucing melakukan self grooming (membersihkan diri sendiri dengan menjilati tubuhnya). Selain itu sudah banyak para dokter yang mengatakan jika kucing mempunyai perangkat pembersih yang bagus. Kucing sangat menjaga kebersihannya dari hal-hal yang lembab. Makanya kucing tidak menyukai air karena air merupakan tempat yang sangat disukai bakteri.

5. Kucing adalah Hewan yang Menyenangkan



Karakter dan bentuknya yang lucu bisa menyenangkan pemiliknya. Kucing ini bisa juga untuk menghibur kita di saat rutinitas sehari- hari dan bisa menyingkirkan kejenuhan dan menghibur orang-orang sekitar maupun keluarga di rumah. 
Demikian pembahasan tentang beberapa manfaat memelihara kucing dalam pandangan Islam. Apapun jenis kucing yang kita punya, semuanya sama dan perlakukanlah dengan sebaik-baiknya.

Sumber:https://www.hobinatang.com/2017/12/manfaat-memelihara-kucing.html


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Manfaat Memelihara Kucing Menurut Islam"

Post a Comment