Mengatasi Bau Mulut Pada Kucing




Kucing temasuk hewan yang suka kebersihan, termasuk kucing kampung juga loh. Kalo mereka merasa badannya ngga bersih, mereka akan melakukan self grooming. Tapi walaupun udah bersih kadang ada juga masalah lain, yaitu bau. Kucing juga manusia loh bisa bau juga. Kalo kita gendong udah ketauan kalo bau. Walaupun udah self grooming tepi tetap aja ada aroma bau seputar badannya. Beberapa sumber bau yang kurang sedap pada kucing bisa jadi, karena :


Bau mulut

Kalo kucing bau mulut pasti ada sesuatu yang ngga beres. Umumnya biasanya karena gangguan pada gigi (dental disease). Bisa juga karena plak dan karang gigi, yang sering menyebabkan dental disease. 

Plak dan karang gigi yang menempeldi gigi dan gusi bisa menyebabkan terjadinya peradangan (inflamasi), jadi akan menimbulkan bau mulut yang ngga sehat, bukan karena kucingnya merokok loh ya. Kebersihan gigi juga menentukan bau ngga nya mulut pada kucing. 

Misalnya sisa makanan yang menyangkut dalam waktu yang lama di gigi bisa juga mengeluarkan bau yang ngga sedap. Penyebab lain dari bau mulut adalah adanya gangguan sistematik pada kucing, misalnya kucing yang mengalami gangguan ginjal akan memiliki nafas yangbaunya seperti amoniak. Kucing yang mempunyai penyakit diabetes biasanya nafasnya berbau manis dan baunya akan menjadi seperti pewarna kuku kalo diabetesnya udah parah. Kalo kucing ada gangguan hati atau masalah di ususnya biasanya bau mulutnya seperti bau feses.


Bau kulit

Bau ngga sedap lainnya biasanya dari kulit. Kucing yang mempunyai kulit yang ngga sehat biasanya memiliki bau yang kurang sedap. 

Bisa juga kulit yang memiliki infeksi akan mengeluarkan bau. contoh kulit yang ngga sehat adalah kulit dengan adanya luka, alergi, infestasi parasit dan gangguan sistem imun yang berdampak pada perubahan kondisi kulit. 

Umumnya semua yang menganggu kulit akan mengeluarkan bau yang ngga enak. So, kebersihan tubuh kucing sangat penting banget buat kelanjutan hidup mereka.



Bau anus dan saluran kencing

Semua jenis kucing termasuk kucing kampung suka kebersihan. Kalo udah selesai kencing atau pup, mereka akan membersihkan bagian yang mereka rasa kotor. 

Sama juga sih ama manusia. Bedanya kalo manusia habis pipis atau pup, bayar 2000. Umumnya kucing yang sehat jarang dijumpai adanya kotoran yang menempel pada bagian belakang tersebut. Anus dan saluran kencing akan bersih dan ngga akan ngeluarin bau yang kurang sedap. 

Tapi ada juga sih sebagian kucing yang kotorannya masih nempel di belakang (ya iyalah masa di muka), kita harus tetep memperhatikan kucing juga. Bukan berarti kucing self grooming akan bersih banget. Tapi kalo kucing yang memiliki penyakit radang sendi, kegemukan (obesitas) atau penyakit sistematik lainnya, mereka akan sulit melakukan self grooming, khususnya bagian belakang, sehingga kotoran akan tertinggal di bagian tersebut dan pasti akan menimbulkan bau yang kurang sedap. 

Selain itu penyakit diare dan penyakit yang menimbulkan gangguan pada saluran kencing akan menyebabkan kotoran menempel di bulu atau bagian tubuh lain.


Bau telinga

Penyebab utama bau pada telinga biasanya karena infeksi. Kalo ada jamur di telinga akan menimbulkan bau apek. Sedangkan kalo infeksi bakteri akan menimbulkan bau pengap. 

Namun selain infeksi bakteri, bau pengap pada telinga juga disebabkan oleh alergi, polyp, tumor dan benda asing di telinga, misalnya ngga sengaja kemasukan air (kalo kemasukan roh lain beda lagi pengobatannya). 

Kalo telinga kena infeksi akibat kutu (ear mites) maka telinga kucing akan ada kotoran warna hitam seperti ampas kopi. Baunya lumayan ngga enak. Untuk menghindari lebih parah lebih baik telinga kucing dibersihkan secara rutin.




Bau lainnya

Kucing itu merupakan hewan yang mempunyai rasa penasaran yang tinggi, apapun yang mereka makan dimana mereka bermain akan memiliki pengaruh pada bau badan mereka. Misalnya abis makan yang berbau amis seperti ikan, akan menyebabkan mulut mereka berbau amis atau waktu mereka bermain di tempat sampah, maka bulu merekapun akan bau sampah. 

Makanan khusus kucing yang basahpun jika diberikan terus-terusan akan menimbulkan bau yang ngga sedap pada mulutnya. Sebaiknya diselang-seling dengan makanan kering. Kalo bisa jangan dikasih jengkol atau pete, makin bau mulut. Keingintahuan kucing terhadap apapun sangat besar, tergantung bagaimana kita merawat dan menanganinya. So, keep your cat clean and smells nice.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Bau Mulut Pada Kucing"

Post a Comment