Broni..Si Kucing Yang Suka Kencing Sembarangan

Broni..Si Kucing Yang Suka Kencing Sembarangan


Ketika seseorang ingin memelihara kucing, pasti ada banyak alasannya, salah satunya yaitu tingkahnya yang lucu dan gemesin. Tapi selucu-lucunya kucing pasti ada saatnya bikin kesel, kalau udah kencing sembarangan. Kalo sekali atau dua kali sih gapapa, tapi kalo keseringan kan repot juga, mana bau lagi.




Nah kalo ini terjadi, jangan langsung diomelin, percuma deh ngomel-ngomel sampai lebaran tahun depan juga kucing mah ngga bakalan ngerti. Ternyata ada alasannya sendiri kenapa kucing suka kencing sembarangan, diantaranya:
·       Menandai wilayahnya
Hal ini merupakan kebiasaan si kucing yang bertujuan untuk menandai wilayahnya. Apalagi jika seekor kucing jantan masuk ke lingkungan yang baru, ia cenderung lebih intens untuk melakukan hal ini agar kucing yang lainnya tidak akan memasuki wilayahnya.
·       Terlalu banyak cahaya masuk
Jika anda melihat kucing kesayangan tidak mau buang air kencing di litter box, sebaiknya anda mengamati kembali daerah sekitarnya. Jika litter box berada di tempat yang terlalu terang, pindahkan ke tempat yang sedikit pencahayaannya. Karena kucing ngga suka kencing di tempat yang terlalu terang.
·       Litter box bermasalah
Sebelum marahin kucing, kayanya harus dicek dulu deh keadaaan litter box karena kucing yang buang air kecil sembarangan bias juga disebabkan karena litter boxnya. Litter box harus selalu bersih dan pasir yang ada juga harus cukup untuk buang air. Jika bisa gantilah pasir dua kali sehari setelah si kucing buang air. Terus di cek lagi litter box ukurannya harus sesuai dengan ukuran badan si kucing.
·       Lingkungan yang terlalu berisik
Lingkungan di sekitar tempat tinggal kucing yang terlalu berisik bisa membuat kucing kencing sembarangan. Kucing akan ngerasa keganggu karena ga suka tempat yang begitu rame apalagi diskotek. Kalo bisa pindahkan litter boxnya ke tempat yang jarang dilewatin orang rumah. Biar kucingnya focus kalo mau kencing.
·       Merasa stress
Kucing yang suka kencing sembarangan bisa jadi dia sedang stress atau tertekan karena beberapa hal misalnya karena keadaan tubuhnya sendiri atau lingkungan di sekitarnya membuat dia ngga nyaman. Atau pacarnya selingkuh. Jika terus menerus sebaiknya konsultasi dengan dokter.

·       Masalah kesehatan
Kucing yang terlalu sering buang air dapat disebabkan juga karena gangguan di tubuhnya atau sedang sakit. Misalnya kucing sedang mengalami iritasi saluran kemih, batu ginjal sampai infeksi. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.
·       Tempat yang terlalu lembab
Kucing kurang suka dengan tempat lembab salah satunya ketika untuk kencing. Maka dari itu pastikan selalu tempat buang air selalu dalam keadaan kering dan cahaya yang masuk tidak terlalu banyak.


Ini Broni, salah satu kucing kampung saya. Jantan. Dia termasuk jenis kucing kampung merah bata, kucing dengan varian warna yang paling sering dijumpai. Kucing merah bata adalah kucing yang manja dan penurut. 

Jadi jangan heran kalo kucing jenis ini akan terlihat mager di rumah daripada berburu mencari mangsa seperti tikus dll. Karena kucing merah bata termasuk kucing yang ngga pinter berburu dan lebih seneng berada di rumah. 

Broni ini lumayan rada repot hidupnya. Soal makanan dia agak pemilih, suka ngerebut makanan kucing saya yang lain. Kalo udah waktunya makan nih, yang lain teratur makannya dia mah punya sendiri belum diabisin tapi udah ngambil dari kucing lain. 

Makanya kucing-kucing yang lain suka pada males kalo waktunya makan bareng dia. Untungnya Broni ga sampe di bully. Jadi aja tugas saya misahin dia pas waktunya makan. 
Dulu waktu masih kecil dia tinggalnya di dalam rumah, tapi menjelang ABG sifatnya jadi suka kencing sembarangan. Mulai dari tembok, gordyn, kursi semua disemprot, hadeeuh capede. 


Mau saya omelin pake bahasa apa, saya marahin percuma. Semenjak itu dia ngga boleh masuk rumah terlalu lama. Hanya transit untuk makan aja. 

Dia ngga begitu suka makanan kering . Favorit dia ikan tongkol rebus. 
Jangan harap noleh deh kalo udah makan ama ikan. Tongkolnya saya rebus dulu soalnya biar bulunya ngga rontok. Kalo tongkolnya saya masak balado, takutnya dia minta nambah nasi 2 minumnya es teh manis.

Sekarang kalo tanda-tanda dia mau kencing, saya langsung bawa keluar. Gerak geriknya udah bisa keliatan. Mulai cari-cari tempat sudut, terus muter-muter sampe dia ngerasa nyaman buat kencing. So, kenali dan amati kucing peliharaan kalian dengan baik ya biar tahu semua perilakunya dan bisa mencari solusinya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Broni..Si Kucing Yang Suka Kencing Sembarangan"

Post a Comment