Beberapa Makanan dan Minuman Untuk Kucing Kampung




Kucing kampung adalah salah satu jenis kucing yang paling gampang ditemui dan banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Termasuk saya. Sebenarnya paling gampang ngurus kucing kampung karena jarang sakit dan perawatannya mudah. 

Tapi asupan makanan juga sangat penting walaupun memelihara kucing kampung. Karena walaupun jarang sakit ya namanya juga makhluk hidup pasti  kadang bisa sakit juga. Sebenarnya kucing kampung ga rewel sih. Dikasih apa aja dia mau. Nah kalo mau bener-bener bagus bulunya dan tentu sehat,ya tetep harus dirawat juga. 

Bisa koq kucing kampung jadi lebat bulunya, gemuk. Asal asupan makanannya bergizi. Kalo jadi pesek kaya salah satu jenis kucing lain kaya persia, ya ngga akan bisa. Masa tega sih harus ditempelin ke pintu dulu hidung kucing kampungnya biar kaya keliatan kucing persia. 

Nah berikut ini beberapa makanan untuk kucing kampung biar sehat dan bagus: 

1. Nasi



Paling gampang ngasih makan kucing kampung saya ama nasi, soalnya paling simpel. Tapi dicampur ama ikan, biasanya sih tongkol. Cuma sebaiknya tongkolnya dikukus dulu, biar bulunya ga rontok. Baru deh dicampur. Atau bisa dicampur dengan makanan kucing yang basah. 

Cuma perlu diperhatikan dalam memberikan nasi untuk kucing kampung. Jangan terlalu banyak soalnya nasi mempunyai glukosa yang kalo kebanyakan dikonsumsi bisa obesitas. Dan jangan terlalu banyak ngasih nasinya juga ke kucingnya, trus saya makan ama apa donk.

2. Daging


Kucing termasuk salah satu jenis hewan karnivora atau pemakan daging, makanan utama mereka sih daging. Semua makanan jenis daging sih sebenarnya bagus, namun yang perlu diperhatikan cara pengolahannya sebelum diberikan kepada kucing kampung. 

Sebaiknya berikan ikan karena makanan untuk kucing kampung adalah daging ikan, vitamin E nya juga bagus untuk kucing kampung. Ikan baiknya direbus atau dikukus, digoreng sih boleh tapi jangan sering-sering biar ngga rontok bulunya. Berikanlah beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing kampung.

3. Makanan khusus kucing



Makanan khusus kucing boleh banget. Tapi harus dilihat dan pandai memilih makanan khusus kucing untuk kucing kampung kita. Karena ada yang suka dan ada yang ngga suka. Sebaiknya beli yang ukuran kecil dulu untuk mengetahui kucing suka ato ngga. 

Dulu juga saya seperti itu.Berbagai makanan khusus kucing saya kasih ke mereka. Dan cuma satu donk kesukaan mereka. Jadi belinya jangan yang langsung sekarung. Kalo pada ngga suka kan kita yang pusing. Masa harus saya yang ngabisin.

4. Tempe


Kalo ada sebagian kucing kampung yang ngga suka nasi, masih ada alternatif lain koq, tempe. Tapi jangan dikasih dalam keadaan mentah ya. Harus direbus dulu atau dikukus, terus dicampur ama lauknya. Lumayan sehat dan low budget. Ngasihnya tempe aja ya, ngga usah ditambahin nasi timbel, lalab sambal.

Nah itu tadi makanan buat kucing kampung yang bergizi. Berikutnya minuman untuk kucing kampung :

1. Susu

Susu kaya akan kalsium dan protein, kandungan dalam susu sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kucing kampung. Kadang ada anak kucing kampung yang udah ditinggal induknya. Jadi kita yang harus rajin memberikan susu untuk anak kucing tersebut. 

Berilah susu kucing yang pastinya memang tersedia di toko petshop, bukan toko bangunan. Atau bisa juga susu yang untuk bayi, 0-6 bulan. Tapi harus dipastiin dulu cocok apa ngga, kalo mencret sebaiknya distop dulu, kalo sakit berlanjut, hubungi dokter, bukan pemadam kebakaran.

2. Air putih



Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup di bumi, begitu juga dengan kucing. Berilah kucing kampung air mineral untuk kebutuhan mereka. Siapkan dalam wadah dan jangan lupa untuk membersihkan wadah agar tetap bersih dan tidak berlumut. Karena akan berpengaruh pada kesehatan kucing kampung, khususnya masalah pencernaan.

Nah, itulah beberapa makanan minuman untuk kucing kampung. Dalam memberikan makanan dan minuman untuk kucing kampung harus tetap diperhatikan gizi dan nutrisi agar kucing kampung kita tidak sakit-sakitan, lebih aktif, sehat dan bulunya juga lebat. Dan yang penting harus sayang ya ama peliharaan kita.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Makanan dan Minuman Untuk Kucing Kampung"

Post a Comment