Tanda-tanda Kucing Sakit



Tanda-tanda kucing sakit


Sedih ya kalo liat kucing peliharaan kita sakit. Yang tadinya ceria, suka lari-larian, kalo dipanggil nyamperin, tiba-tiba jadi lemes ga mau ngapa-ngapain, lebih sering tidur. Nah kita harus cermat menyikapi kucing kita ketika mereka sakit. Gejala-gejala awalnya sebenernya udah keliatan. Cuma namanya juga kucing bawaannya pengen main, lari. Tapi kalo udah ngerasa ga kuat biasanya ga mau ngapa-ngapain.

Berikut ini tanda-tanda kucing mau sakit :

Demam
Pastinya, badan serasa panas. Sama aja kaya manusia. Biasanya dokter udah    tau dengan memegang     telinga kucing kalo kucing itu sedang demam.

* Nafsu makan berkurang
   Kalau udah demam, biasanya pengaruh sama makan kucing itu sendiri.             Mereka jadi susah untuk makan. 
   Mau dikasih steak juga mereka mah pasti bakalan nolak kalo lagi demam.

* Tidur melulu
   Harus dicurigai nih durasi tidur kucing kalo lebih lama dari biasanya. 
   Dari mukanya juga kalo keliatan lesu, berarti dia lagi ga enak badan. Jangan     dikerok ya..kasian nanti rontok trus harus jadi duta sampo lain.

* Mencret atau Diare
   Sistem pencernaan pada kucing biasanya disesuaikan dengan asupan 
   makanan   yang diberikan kita. Perlu waktu untuk menyesuaikan  
   pencernaannya. Jika susah buat adaptasi biasanya kucing akan mencret 
   dan  sembelit. Biasanya jadi demam. Nah kalo gejalanya ga berenti dan 
   makin parah apalagi  sampai keluar darah sebaiknya langsung dibawa ke 
   dokter aja. Ingat..jangan dibawa ke cafe atau diajak nonton bioskop.

* Bulu kucing rontok
   Penyebab kerontokan pada bulu kucing beragam. Bisa dari jamur, perubahan     hormon, makanan   yang ga cocok dan juga bisa demam.

* Mulut kucing bau
   Kalo lagi demam biasanya mulut kucing bau, karena panas dalam. 
   Jadi  kucing  cuma ingin minum air aja. Bersihkan selalu tempat 
   minum untuk kucing. Jangan disuruh ngeroko ya, tar malah makin bau mulut.

* Kucing muntah-muntah
   Kadang kucing suka makan makanan rumput atau hairball, biasanya dia 
   akan  muntah. Tapi kalo  muntah terus- terusan berarti ada yang ga beres
   ama kucing pastinya demam. 

* Sering minum
   Tenggorokan kucing kering ketika dia terkena demam, jadi bawaannya mau
   minum terus. Sebenarnya gapa kalo dianya masih mau minum, justru yang       ditakuti kalo kucing udah sakit terus dia ga mau minum. Wah parah itu mah.




Ini kucing kampung saya namanya Poci, jantan. Dia temasuk jenis kucing kampung merah bata yang termasuk kucing yang manja dan penurut.

Poci bener-bener kucing penurut, kalem, baik hati, ramah dan tidak sombong. Bahkan anak -anak kucing yang ditinggal induknya malah nyusu ama dia. 

Trus Pocinya nurut juga, ngalah. Aneh banget liat kucing jantan nyusui anak-anak, apanya yang keluar ya..



Nah Poci ini lagi sakit. Dia kena penyakit jamur. Gejalanya diantaranya, demam, ga lincah, ga mau makan terus sedikit demi sedikit bulunya rontok sampe keliatan kaya ada ruam gitu.

Terus rontok sampai hampir botak ga jelas. Udah deh ga perlu nunggu lama, saya bawa ke dokter dan memang harus disuntik soalnya kalo obat luar kurang mempan. Hanya mengobati bagian luarnya aja.

Kata dokter dia kena penyakit jamur yang disebabkan oleh virus Ringworm atau jenis jamur yang biasanya hidup di bagian bulu dan kulit.  

Ada beberapa bentuk dari penyakit Ringworm, seperti Tine Corporis (yang paling umum untuk mempengaruhi kulit tubuh), Tinea Capitis (menyerang di kulit kepala), Pedis Tinea (kaki atlet), dan Tinea Cruris (selangkangan).   Walaupun "worm" punya arti "cacing", namun penyakit ringworm ga disebabkan oleh cacing seperti namanya. 

Penyakit ini ditandai dengan munculnya round lesion (bercak-bercak bulat) yang awalnya dipercaya bahwa infeksi tersebut disebabkan oleh parasit seperti cacing, maka akhirnya munculah nama Ringworm. 

Penyakit ini kalo didiamkan bisa nular ke kucing-kucing lain. Sebisa mungkin selama kucing terkena jamur sebaiknya dipisahin dulu dengan kucing-kucing lain. Usahakan untuk tetap menjaga tempat atau kandang kucing agar tetap bersih



Setelah diobati kondisi Poci sekarang udah lumayan baik. Udah mulai tumbuh bulu-bulunya dan saya terus kasih vitamin biar daya tahan tubuhnya kuat. 

Biasanya makan waktu lama penyembuhannya. Tadinya mau saya kasih sampo penumbuh rambut, cuma ribet kali ya kalo jadi gondrong, harus dikepang segala.


So, menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan perlengkapan kucing kudu wajib banget dilakuin. At least meminimalisir kunjungan- kujungan penyakit selanjutnya. 

Kenali terlebih dahulu gejala-gejala yang terjadi pada kucing jika kucing sedang sakit. Rawatlah dengan tulus dan kasih sayang. Bukan Tulus "Kita..adalah sepasang sepatu..selalu bersama tak bisa bersatu"




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-tanda Kucing Sakit"

Post a Comment