Tips Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat






Kucing kampung juga lucu loh, ga beda jauh ama kucing-kucing jenis lainnya. Ngga ada salahnya juga kalo mau pelihara kucing kampung yang punya budget pas-pasan. Lumayan kan apalagi buat ladies yang banyak banget keperluannya. Lagian lebih gampang koq ngerawatnya, ngga begitu ribet. 

Buat saya kalo ngerawat kucing kampung tu berasa banget ikatan bathinnya. Kaya ditinggal induknya dipinggir jalan, kelaparan, sendirian di tengah keramaian. Apalagi kalo udah ngga pulang-pulang, bisa bikin nangis bombay. Lebay? pokonya hanya saya dan kucing-kucing kampung saya yang ngerasain, entah itu rasa duren, rasa melon atau rasa yang terpendam.

Nah, beberapa hal yang perlu disiapin buat ngerawat kucing kampung diantaranya :

  • Tempat makanan dan minuman



Banyak bentuk dan modelnya untuk makanan kucing. Ada yang jadi satu tempat makan dan minumnya, ada juga yang terpisah. Bebas aja sih mau pilih yang mana. Dari plastik boleh, bekas wadah yang ga kepake di rumah juga banyak, lumayan ngirit budget, daripada lu manyun., asal jangan magic jar.  
Apapun itu pilihan wadahnya, yang paling penting harus tetep bersih. Kalo abis makan harus dicuci, tempat minum juga harus dicuci biar ga lumutan. Airnya juga harus sering diganti. Air putih aja, lebih bagus sih air mateng biar pencernaannya ngga terganggu. 

Kadang ada kucing kampung yang dikasih air mentah atau matang ga masalah, ada juga kucing yang sensitif. Dengan berjalanya waktu memelihara kucing kampung, keliatan koq mana yang badannya sensitif atau sehat. So, lebih aman air mateng aja. Ingat! jangan dikasih air yang mangandung soda, apalagi air dari pegunungan. Kasian  kucingnya kalo harus naik gunung dulu.

  • Makanan
Untuk makanan buat kucing kampung sebenarnya sederhana aja. Mereka pasti suka ikan dicampur nasi. Tapi dilihat terlebih dahulu usia dari kucing tersebut. Sebaiknya hindari nasi dan ikan untuk anak kucing. Karena pencernaannya belum kuat. 
Pemberian susu lebih baik untuk anak kucing, untuk penyajiannya airnya lebih banyak takarannya dari susu. sehari 2 kali aja. bisa ditambah asupannya dengan makanan khusus kitten atau anak kucing.Kalau untuk kucing yang dewasa boleh dikasih nasi dan ikan yang sebelumnya dikukus terlebih dahulu.

Agar bulunya ngga rontok. Makanan kucing kemasan banyak jenisnya, sesuaikan dengan usia karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut bebeda-beda.

  • Pasir

Kalo bisa pasirnya khusus kucing yang wangi ada aroma. Tapi tergantung dimana nyimpen kucingnya. Kalo di dalam sih lebih baik pake pasir yang khusus untuk kucing biar ga bau.  

Karena pasirnya udah di desain untuk cepat menggumpal dan tidak bau ketika kucing buang air atau pipis.  Kalo udah menggumpal sebaiknya langsung dibuang. Karena pasir yang udah kena kotoran, dia harus segera dibuang. Ga bisa didaur ulang. Yang bisa diulang cuma pulsa.Kalo hanya pipis aja, pasirnya masih bisa dipakai dengan cara dijemur di terik matahari, nanti kering lagi. Ingat! hanya dijemur, jangan digoreng. 

Kalo kucing buang angin mah, tutup idung aja, abis ngga ada tempat khusus. Kalo di luar rumah saya pake pasir bangunan aja. Ga usah ditambah semen dan batu bata ya.Kucingnya juga udah ngerti koq dimana mereka harus buang air dimana. Memang masih ada sebagian kecil yang sembarangan tapi selebihnya mereka buang airnya di pasir.  Namanya juga kucing ada yang nurut ada yang ngga. 

  • Serokan Pasir

Wajib punya. buat ngambil kotoran kucing yang udah menggumpal di bak pasir. Biasanya serokan pasir ada lubang-lubangnya, fungsinya untuk mengambil kotorannya aja. Sedangkan sisa pasir yang ngga kebawa ama serokan masih bisa dipakai lagi. Jadi tangan kita juga ngga akan kena kontak langsung dengan kotoran kucing.

  • Shampo
Kalo punya waktu usahakan mandiin kucing kampung. Biar bersih dan bebas kutu. Ngga mesti seminggu sekali. Kalo udah keliatan kotor banget baru dimandiin. Kalo punya seekor sih lebih baik seminggu sekali. Kalo udah lebih dari 15 kaya punya saya, rempong duonk. 

Oya pake shamponya khusus shampo kucing. Jangan shampo manusia. Beda kandungan dan nutrisi. Lagian ntar malah kucing kita yang lebih bersinar dan panjang, gimana? yang penting kuku harus dipotong, bulunya disikat biar bersih. Giginya juga kalo bisa disikat. Pake sikat kecil aja yang biasa buat anak-anak. Ingat! jangan sikat WC. Oya kalo dimandiin usahakan dihindari seputar mata dan kuping ya. 
  • Kapas dan Baby Oil


Kedua alat ini fungsinya untuk membersihkan kuping kucing, kalo udah ada kotoran kuping yang item-item, segera dibersihan. Biar ngga penyakitan dan biar dipanggil juga denger. Biasanya kalo ngga dibersihin bisa menyebabkan infeksi bakteri, alergi, infeksi jamur dan juga cerumen yang menumpuk (hasil sekresi telinga yang bisa mengganggu pendengaran)



  • Vitamin


Ini juga penting buat kucing kampung. Mereka kan suka nyari makanan dimana aja. Di sampah atau di tempat-tempat kotor. Nah sebaiknya dikasih doping vitamin biar daya tahan tubuhnya kuat. 

Bisa juga dikasih campuran telor dan madu. Ngga usah ditambah susu dan jahe. Cukup seminggu sekali dikasihnya. Oya telurnya telur ayam mentah ya. Jangan telur dadar.

Nah itulah beberapa cara merawat kucing kampung agar sehat. Jika pertama kali merawat kucing kampung, ada beberapa tips dasar yaitu :
  1. Anak kucing perlu jumlah gizi 2x lebih besar dibandingkan kucing dewasa. Tapi jangan berlebihan juga ya. Pemberian susu juga boleh dilihat sesusai umur si anak kucing. Takarannya jangan terlalu kental, kalo bisa encer aja supaya ngga terganggu pencernaannya. Sehari 3 kali, karena tidak semua induk kucing cukup memberikan ASK (Air Susu Kucing) kepada anak-anaknya. Dan tergantung juga berapa banyak anak kucing yang dilahirkan. Kira-kira usia 8-10 bulan boleh dikasih nasi campur ikan yang sudah dikukus terlebih dahulu. Biasanya emak-emak jaman now kaya saya suka dicampur ikan tongkol. Kalo dikasih ikan salmon mending buat saya aja. Susu masih boleh diberikan tapi pemberiannya dikurangi menjadi 2x sehari karena udah bisa makan.
  2. Ingat! jangan dikasih makanan anjing ya. Karena makanan anjing tidak mengandung taurin, nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah penyakit jantung yang dikenal sebagai kardiomiopati kongestif dan juga untuk penglihatan dan reproduksi. Ingat juga! jangan dikasih ayam tepung. Soalnya itu kesukaan saya.
  3. Sikat bulu kucing secara rutin, agar menghilangkan bulu yang rontok ya. Juga terhindar dari kuman dan bakteri.
  4. Ga perlu rutin mandiin kucing kampung, apalagi kalo ngurus sendiri, sementara kucing kampungnya berapa? ratusan..? lebih... kalau kira-kira udah bau dan bulunya kotor baru dimandiin. Airnya suam2 kuku ya. Soalnya kalo air panas bisa merusak bulu dan bisa merusak suasana hati.
  5. Luangkan waktu untuk bermain dengan kucing kampung. Kegiatan fisik membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik dan aka cepat tumbuh sehat dan lincah. Dan akan menumbuhkan chemistry dengan kucing-kucing kampung peliharaan kita.
  6. Bersikaplah tegas pada prilaku buruk yang ditunjukkan kucing. Contohnya kalo dia naik ke meja kita harus tegas melarangnya. Jadi dia ngerti mana yang baik dan buruk, juga dapat membuat kebiasaan baik pada kucing kampung.
  7. Penting banget ngerawat tubuh kucing kampung. Harus rajin bersihin giginya. Kukunya kalo panjang segera dipotong. Telinga harus sering dibersihkan juga dengan kapas dan cutton bud, jangan pake linggis. Bagian-bagian ini nih yang sering dikunjungi oleh kuman dan bakteri. Kalo dibiarkan akan menyebabkan infeksi.
  8. Vaksinasi harus rutin dilakukan untuk kucing kampung, untuk menghindari virus dan penyakit. Konsultasikan dengan dokter hewan terdekat. Kalo jauh repot harus naik pesawat.
Jadi kesimpulannya perhatikan makanan dan minumannya kucing, jaga kebersihan kandang dan bak pasir beserta sekopnya. Jaga kebersihan mata, telinga, gigi dan rutin potong kuku. 

Grooming kucing, mandikan dan disikat juga disisir, berikan alas yang nyaman untuk tidur. So, dijamin deh kucing kampung anda akan sehat, daya tahan tubuh kuat. Selamat menikmati saat-saat indah bersama kucing kampung peliharaan anda ya.

















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat"

Post a Comment