Susah Ngga, Mandiin Kucing Kampung..?



Kebanyakan di Indonesia di dominasi okeh kucing kampung. Selain gampang ditemui, kucing kampung juga ngga kalah lucu loh dengan kucing jenis ras lainnya. Perawatan kucing kampung juga tergolong sangat mudah dan daya tahan tubuhnya juga biasanya kuat. 

Tapi tentunya kalo kita memelihara kucing kampung, jangan lupa juga dimandiin. Pasti lebih bersih dan tambah sehat deh. Manfaatnya agar bulunya halus dan bersih serta rapi. Biar keren juga dan ngga sedikit kumal. 

Mandiin kucing kampung itu gampang-gampang susah. Kucing kan takut ama air. Buat yang belum pernah mandiin kucing kampung bukan perkara mudah. Kucing bisa melawan, mencakar karena stress. Tapi kalo kita tau caranya, kita jadi terbiasa memandikan kucing kampung.

Berikut ini beberapa langkah untuk mandiin kucing kampung:

1.Waktu yang tepat untuk memandikan kucing


Ngga usah terlalu sering juga mandiin kucing kampung, cukup 2 minggu sekali, supaya bulu-bulunya bagus dan bersih serta jauh dari kutu. Waktu mandi usahakan pagi, jangan lewat sore. Dan kalo bisa jangan dimandiin pas lagi musim ujan. Kasian nanti sakit.

2.Potong kuku dulu


Sebelum dimandiin, baiknya kukunya dipotong dulu deh. Untuk keselamatan kita juga. Kadang kucing yang apalagi baru pertama dimandiin, Bisa bersifat ekstrem saat dimandiin, jangan sampe salah satu anggota tubuh kita baret-baret kecakar kucing. Jangan dipotong terlalu dalam juga, hanya sekedar bikin tumpul aja. Nanti juga panjang lagi kukunya, ngga usah dikutek juga kalo panjang ya.

3.Peralatan yang dibutuhkan


Selain kucing yang tentunya dipersiapkan, alat-alat untuk mandi kucing jug aharus udah dipersiapkan sebelum kucing masuk kamar mandi. Peralatannya sama aja sih ama manusia. Siapkan air hangat, sabun, sampo, sisir,handuk bersih dan tentunya ember untuk berendam dan memandikannya. Siapkan juga fisik dna mental kita. 

4.Memastikan keadaan kucing


Saat kita memandikan kucing, pastikan dia udah merasa tenang, jangan langsung disiram,nanti kaget. Pastikan kakinya udah berpijak di ember dan pegang tengkuknya agar kucing ngga merasa takut atau stress. Kita juga harus tenang ngga usah gugup kalo kucing udah mulai memberontak, karena kalo kita gugup, si kucing akan mengalami hal yang sama.

5.Memberi sampo


Setelah dibasahi semua, waktunya memberikan shampo. Berikan secukupnya pada tubuh kucing. Diawali dari leher hingga bagian ekor, ratakan dan pijat pelan-pelan agar si kucing ngga melawan dan merasa tenang. Hindari bagian mata, hidung, telinga dan mulut. 

6.Membersihkan telapak kaki


Jangan lupa telapak kaki juga harus dibersihkan. Di sela-sela bisa menggunakan cutton bud atau kapas untuk membersihkannya.

7.Bilas dengan air hangat


Setelah keseluruhan bersih dengan menggunakan sampo, bilas dengan air hangat hingga bersih. Jangan sekaligus. Bertahap dari leher, badan dan kaki.  Untuk kepala menggunakan tangan kita aja, dibias secara perlahan.

8.Pengeringan bulu kucing


Keringkan semua bagian kucing dengan handuk, lakukan secara perlahan hingga kering. Kita juga bisa menggunakan hairdryer, cuma biasanya kucing kampung takut banget dengan alat yang satu ini, Jauhkan jarak antara hairdryer dengan tubuh kucing yang akan dikeringkan, bungkus dengan handuk bersih agar lebih cepat proses pengeringannya dan bulunya tidak gampang rusak. 

Pastikan semua bagian tubuh kucing benar-benar kering sebab kalau masih ada bagian yang basah atau lembab akan mendatangkan bakteri atau kutu,
Nah itu dia beberapa langkah untuk memandikan kucing kampung, semoga bermanfaat ya!

Love your cat














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Susah Ngga, Mandiin Kucing Kampung..?"

Post a Comment